Thursday, August 5, 2010

The Preparation


The Preparation!!

Indonesian version

Gue ke Oz uda setaun yg lalu. Haha.. Tapi dari dulu gue mau post di blog ge kesampean mulu. Lols. Jadi sekarang saatnya g share pengalaman gue selama di Oz a.k.a Australia. J semoga membantu kalian yang berniat backpack. ;) anyway, gue backpack ke Oz sendirian, jadi bisa dibilang solo backpacker. Ada plus minusnya sih jadi solo backpack. Senengnya yah bisa mengexplore semua sendiri dan bebas mau ngapain aja, juga ga takut bawa anak org. :P
Tapi ada ga enaknya juga. Pasti kalian taulah apa ga enaknya. Kalo sendirian susah senang ditanggung sendiri. Apa-apa sendiri, dan ga ada yg bisa diajak berbagi pikiran.. terus kalo nyasar juga mesti usaha sendiri. Huahua. Begitulah ga enaknya. Tapi kalo sendiri jadi lebih tau tempat dan hal-hal mendetail yang bersangkutan dengan itu.
Nah,, gue dari dulu emang udah berniat backpack, tapi sama sekali ga kepikiran buat backpack ke Ausy. Pikir mau ke dalam negri dulu aja, secara kota-kota di indo banyak yang belom gue kunjungi. Tapi ini rencana emang mendadak banget. Tadinya gue dan anak-anak kozan mau pergi ke korea, tapi banyak yg udah pegi jadi ga jadi. Terus gue sama anne (temen koz ) emang kepikiran buat pergi ke oz. tapi anne Cuma mau ke melb sama ke Sydney aja, tempat sodaranya. Sedangkan gue kpengen keliling oz (karena mumpung sekalian, gue uda nabung dr dulu untuk ini) dan pas gue kasitau ide gue ke tmn g, dia lgsg freaking out. Apalagi gue bilang kita bkal nginep di hostel. Dia bner2 ngeri pergi sendirian, tanpa tau jalan dsb dang a ada yg dikenal di kota tsb. Sedangkan gue kan emang suka berpetualang dan menurut gue seru aja kalo bisa pergi ke Negara orang, sambil bereksplor dan menikmati, tapi dengan cara yang mudah dan murah, tentunya aman. ;) gue pikir kalo soal jalan ga usah takut, bisa bawa peta. Di sana peta ato petunjuk jalan uda gampang, bahkan kita bisa browsing rute bus ato mrt dari sini kalo mau asal tau stasiun ato terminal tujuan. Kalo soal tempat yang dituju, tinggal search aja di internet, dan kita buat itinerary-nya deh. Berhubung background gue emang travel, jadi kebetulan gue juga udah tau tempat yang mau gue tuju.paling gue tinggal tambahin doang dengan nanya sama Mr.Google. setelah gue tau gue mau ke kota mana aja, gue buat itinerary mau ngapain dan ngunjungin apa aja di sana. Nah, kalo objek wisata yang rada jauh, mning ikut city tour aja. bisa dibook juga lewat inet, so tenang aja. J terus, buat flight, cari di inet penerbangan yang murah. Ada banyak koq. Ada air asia. Tiger airline, jetstar, kalo mau virgin atlantic juga boleh. Cuma kalo menurut gue sih rada mahal. Hmm..
Nah, buat tempat tinggal..kalian mungkin uda tau website ato forum yang bernama www.couchsurfing.com
Jadi forum ini adalah tempat semua orang yang suka travelling dari seluruh penjuru dunia berkumpul jadi satu dan pastinya memudahkan orang yang suka travelling dan butuh tempat tinggal gratis. Hehe. Sounds great, right? ;) kalian cukup sign up aja, terus buat profile tentang gimana kalian, hobby, tinggal dimana, dan kalian bakal ditanya bersedia ato ga kalo ada orang yg mau nginep di rumah kalian. Kalian bisa jawab, ‘definitely’, ‘maybe’ ato mungkin Cuma tawaran makan ato jalan2 bareng. Bisa koq, smua terserah kalian. Dan kalo kalian bisa tulis gender yg kalian inginkan untuk menginap di rumah kalian, terus berapa orang yg boleh nginep dan maksimal berapa lama, itupun mereka bakal request dulu, dan kalian bisa jawab apakah kalian available ato ga. Begitu sistemnya, begitu juga kalo kita mau pergi ke Negara orang. Kita tinggal search secara spesifik kota yg kita inginkan, bahkan gender dan umur, keluarga ato single, ato bahkan couple.nah, setelah ketemu, kita bisa cari orang yang menurut kita sreg. Gampang koq, tinggal buka aja profilenya, dan kita bisa baca semua ttg dia dan rekomendasi dari orang lain. Begitu kita oke, kita kirimin dia couch request ato message, dan setelah itu kalian bisa lnjutin sendiri. Dia bakal kirim alamat dan no telp kalo uda sepakat. Nah, untuk makan..kalian ga usah pusing. Kalian bisa beli makanan di seven eleven ato kedai yg murah2, ato mungkin masak sendiri.  Dan pastinya yang paling ribet ngurus visa.
Kita semua tau kalo urus visa ausy itu butuh deposit 25 juta, sedangkan gue Cuma punya uang 9 juta di bank, dan gue dengan nekatnya apply. Haha.
Nah, gue sih saranin jangan apply ke Australian embassy karna bakalan susah dan ribet, mening langsung aja apply ke AVAC (Australian Visa Application Center) yang letaknya di :
JLn. Plaza Asia Lt. 22
Seberang Mall FX!!
Jln. Jendral Sudirman kav. 59
Jaksel 12960
Telp: (021) 5140 1590/91
Jam buka : senin-jumat (08.30-16.00)
Proses bikin visa 4-7 hari ga terhitung weekend loh ya…
Kalian juga bisa buka webnya: www.info@vfs-au-id.com

Banyak yang nanya, dokumen apa sih yang dibutuhin. Ga banyak koq, paling ini aja:
1.    Invitation letter dari temen kita(kalo ada, soalnya ini bisa menguatkan..kalo ga kita bisa minta tolong sama host kita di Couchsurfing), yg menyatakan kalo kita ditanggung akomodasinya selama di sana.
2.  Fotokopi passport temen yg ngasih invitation letter
3.  Fotokopi passport kita sama passport asli dibawa
4.  Fotokopi KK( Kartu Keluarga)
5.  Fotokopi Akte Kelahiran
6.   Form pendaftaran
7.  KTP
8.   Fotokopi return tiket pesawat (boleh ia boleh ngga, soalnya waktu itu gue juga um beli tiket pesawat karena takut visa ga keterima. Lols)
9.   Foto 4x6 BEWARNA 2 lembar, boleh bawa banyakan buad jaga2
10. Deposit kalo ada, ato buku rek tabungan
11.   Fotokopi rekening Koran 3 bulan terakhir
12.  Surat sponsor(dr ortu biasanya)
13. Surat dr kampua ato dari kantor(Cuma tambahan)
CARANYA:
1.    Bawa semua dokumen yang diminta ke AVAC, naik lt 22 terus belok kiri. Ada tulisannya koq,
2.  Isi formulir yg dikasih dan jawab semua pertanyaan sejujur2nya. (isi SINGLE ENTRY kalo belom pernah ke ausy)
3.  Ga perlu deposit 25 juta, yg penting dokumen lengkap.
4.  Bayar harga resmi 940.000 rupiah, tapi totalnya sih 1.100.000
5.  Proses rata2 5 hari kerja, bisa dicek di web AVAC. Counter pengambilan Cuma buka jem 2 siang aja.
6.   Pas dateng JANGAN LUPA bawa Bukti pembayaran asli yang DICAP bewarna

REKOMENDASI WEBSITE:
1.    www.couchsurfing.com
4.  www.131500.com.au (info ttg jadwal kereta, bus di Sydney)

Notes:
1.    Harga tiket transportasi ditentukan berdasarkan zona yang kamu lewati, naik bus yg murah 1.60 AUD untuk 2 zona. (Cuma berlaku di melb loh, di Sydney soalnya mahal.) kalo di melb ada tram, bus, subway. Kalo di Sydney ada ferry sama monorail juga. Darwin Cuma ada bus doang.
2.  Beli tiket travel pass, yang ada di convenient center yang letaknya di pojok2 jalan, bisa juga beli di seven eleven. Yang paling murah yg warna BIRU- blue travel ten.
3.  Sydney punya 2 bandara: Kingsford Smith(internasional) sama Bankstown. Bandara Sydney gede, jd jgn sampe nyasar.:P tapi di sana enak ada banyak resto dan jualan makanan unik. Hihi. Gue bli macem2 jeli2 dsana. (emang dasar iwid doyan makan. :P)
4.  Dari Melb ke Sydney bisa naik train kalo mau, naiknya dari Southern Cross Station. Harganya 68 AUD, 10 jam tapi. Mening naik pswat yg murah aja, Cuma 2 jam pula.
5.  Pegi ke Manly Beach dari Circular Quay(Sydney) naik ferry, ada jam2nya. Tiketnya 17.5 AUD. Ferry yg ke sana tiap 30 menit sekali.
6.   Di Manly beach ada tempat penyewaan sepeda. 1 jam 14 AUD kalo ikut tournya. (Manly Cicles and Manly Bike Tour)
7.  Cuma info aja, kalo yang interest pergi ke Perth. Untuk transportasi, mereka pake CAT> ( Center Area Transit). Ada kuning, mrah sama biru. SEwa mobil di sana bisa 30-100AUD, bisa juga beli family ticket (Freo) yang berlaku untuk 2 adult dan 2 children.
8.   Telepon AUSY: 0011+kode Negara+ kode wilayah/area+no telp

CONTOH INVITATION LETTER:
                Dear Sir/Madam,
     My name is (nama orang yang ngundang kamu) and my friend (nama kamu) is planning to visit me, and I will be responsible of his/her/their accommodation. Thank you very much.
                Best Regard;
                (nama temen)

MUSIM:
Musim di Ausy kebalikan dengan musim yang ada di China, AMerika dan ERopa.
Spring: Sept-Nov
Summer: Dec- Feb
Autumn: March- May
Winter: June-August
Jadi pas gue dateng kemaren ini pas lagi winter dan suhu sekitar 7 serajat celcius. Dinginnya sih ga sampe menusuk tulang Cuma anginnya itu loh ya ampuuunn.. mesti bawa masker buat nutupin muka.

AUSTRALIA dibagi jadi 7 bagian (sekedar info):
*      Northern Teritory, ibukota (Ik) Darwin
*      Western Australia (Oz), ibukota (Ik) Perth
*      South Oz, Ik Adelaide
*      Tasmania Oz, Ik Hobart
*      Victoria Oz, Ik Melbourne
*      New South Wales, Ik Sydney
*      Queensland, Ik Brisbane
*      Ibukota OZ: Canberra
Nah, cukup sekian dulu info dari gue.
Semoga membantu. J J

No comments:

Post a Comment