Thursday, August 12, 2010

The beginning of the journey




The beginning of the journey….
          Awal perjalanan, gue ngepak barang2 bisa dibilang lumayan pusing. Tapi berhubung gue ga bawa banyak barang, jadi ga terlalu repot, Cuma pusing apa aja yg mau dibawa, soalnya terbatas. Finally gue bawa hand carry yg cukup gendutt. Isinya Cuma pakaian dan brg2 penting lainnya. Gue bawa 1 hand bag, 1 hand carry sama 1 tas selempang. Nah, kenapa hand carry koq bisa gendut begitu? Jawabannya mudah.
Soalnya hand carry itu isinya long john titipan yang beraat bukan main dan makan tempat (tapi yawdalah gapapa, namanya jg titipan mumpung gue lagi ke oz) dan gue juga bawa snack2 kaya trendz rasa baru(seaweed), lays salmon sama serena (snack ksukaanku!!! :D) bwad host2 gue dsana. Yahh..biar mereke bisa ngerasain snack dr indo sekalian bwad ucapan trimakasih. Tar qlo gue ktemu brg bgs dsana, gue jg bs beliin bwd mreka. J Sedangkan, di tas selempang isinya buku novel ( untuk membunuh waktu), ipod, charger ipod, kamera +charger, buku diary ausy, tiket penerbangan,  bukti pembayaran city tour dan passport tentunya. Pas lagi ngantri di check in counter, ada 2 org di depan gue yg ga dikasih boarding pass gara2 barangnya overload. Sebenernya mungkin ngga, Cuma barang mereka banyak kecil2, jadi keliatannya banyak banget, padahal belom tentu. Duh, sempet deg2an juga tuh. Untung ada tante maria(tetangga yg kebetulan ikud nganter k bandara) yg bantu pegang tas ransel selama gue check in, jadi gue Cuma bwa tas ransel ama hand carry aja pas check in. dan petugasnya langsung munta passport sama tiket dan kasih gue boarding pass ga pake lama. Fiuhh.. J legaaaa oii.. lolos!! Senangnyaaaaaaa!!!! :D :D
Dan karena laperrrr, jadi gue makan dulu di A&W, tante Mar blg gue ga boleh masuk dengan 3 brg bawaan, jadi akirnya gue bongkar ulang sampe akirnya hand carry gue dari cukup gendut jadi superr gendutt gara2 barang yg di ransel gue taroh sebagian di hand carry dan tas selempang dan isinya gue masukkin ke ransel. Finally.. J
Nah, sete;ah check in, gue ke bagian bebas fiscal( waktu itu kan masih jaman bayar fiscal, untung sekarang udah ditiadakan. Beruntunglah kalian.. :D, dan dulu kalo istri juga bisa bwbas fiscal kalo ada jaminan dr suaminya, ) di sana gue serahin fotokopi KK, akte lahir, sama fotokopi NPWP bokap. Terus boarding pass langsung dicap lagi, dia ga gitu peratiin. Bagus deh. J beress!
Dulu bagi anak yg di bwh umur 21 tahun bebas fiscal, tapi kalo yg baru berumur 21 tapi belom bekerja juga bisa reuest bebas fiscal asalkan kasih surat keterangan dr kampus dan ftkpi NPWP Orang tua. Seperti yg td gue bilang, kalo istri mau bebas fiscal tinggal bawa NPWP suami, tapi kalo sebaliknya ga bisa. Hwhw.
Ini petualangan ke luar negri gue yg pertama kali, jadi perasaan gue campuran antara excited dan cemas. Gue terbang pake Air Asia dengan pesawat Air Bus 320. (untung ada air asia sekarang, jadi memudahkan ). Pesawatnya sih kecil, tapi nyaman. Cuman karena sempit, jd rada susah jalannya, apalagi hand carry gue kan gendut tuh, jadi nubruk2 mulu. Hh..
Gue melakukan pembookingan online sekitar sebulan sebelum perjalanan. JKT-KL, KL-JKT buat pulangnya. Take off jam 19.30 tapi gue udah check in dr jem 19.00. Penerbangan bolak balik ini menghabiskan cukup mahal juga sih, gara2 ga sepenuhnya promo. 940.000 rupiah. Sebenernya ;lebih enak kalo dr Jakrta bisa langsung ke Melb, tapi sayangnya ga ada. Harus lewat Malay dulu. Jadi yah terpaksa harus ke KL dulu..
Untung KL-Melb gue juga pake Air asia, dan buat Gold Coast-KL juga pake Air Asia. Tapi untuk penerbangan local gue pake TIGER. Naik jet star mahaal..
Untuk tour dlm kota gue pake web www.tourstogo.com, dari situ paket2 lumayan lengkap dan untuk Sydney, gue ambil paket Blue Mountain, dan mantepnya lagi gue bakal dijemput langsung di depan Based Hostel di Sydney. Asik!
Buad di Sydney, semalem gue bakal nginep di hostel/dorm supaya bisa nikmatin Darling Harbour dan sekitar, dan besokannya bisa ikud tour. Abis itu baru nginep di rumah Jessica(host) yg letaknya di Paramatta.
Rencana gue ke Oz emg mendadak banget, ga tau kenapa kayanya dorongan gue bwad backpack ksana kuat banget. lols. Dan anehnya buku Backpacking ke Australia karangan Elok terbit tepat pas gue memutuskan buat backpack ke Oz, an Flashpacking to Australia. Berkat 2 buku itu gue jadi tau banyak tentang backpack ke Oz dan gimana cara ngurus visa. Thamx to them! Xoxo
Dan gue jg jadi tau, kita ga usah pusing2 soal tempat tinggal karena ada couchsurfing seperti yg gue uda kasitau pas di awal cerita. Bener kata Elok, Couchsurfing lbih hidup ketimbang HospitalityClub, dan tampilannya juga lebih menarik. Kita juga bisa cari di hostelworld kalo emang mau lebih private. Di situ banyak pilihajn hotel dan dorm yg murah, dan kita bisa juga liat di tripadvisor buat liat review2 orang tentang dorm tersebut, bersih apa ga, karyawannya ramah/ngga, strategis/ga tempatnya. Gampang deh pokoknya. ;) Di sana juga ada banyak pilihan kamar. 1 kamar berdua, ber4, ber6, ber8, ber10, ato bahkan private. Ada juga yg female only. Biasanya yg female lebih mahal, tapi malah di beberapa dorm yg female lebih murah. Lols. Kita mesti DP dulu $AUD. Jangan lupa, sebelum berangkat..buat itinerary mau ke mana aja (seperti yg gue saranin di The preparation), beli peta, ato bisa ambil peta yg disediain di airport.
Balik lagi ke Bandara(nah tulisannya jadi lebih jelas sekarangg)
Gue bawa shampoo ga lebih dr 80 ml(karena kalo lbih dr 100 bs2 disita).
Hal yg perlu diingat adalah:

Kita GA BOLEH membawa cairan/ liquid dengan jumlah lebih dr 100ml. jellypun ngga. Jadi kalo kalian bwa cairan apapun, entah itu cleansing, parfum, sunblock semuanya bisa disita. Daripada disita, jadi mening ga usah dibawa. Jangan bawa benda tajam juga, kaya gunting kuku misalnya.
Untung pas di imigrasi gue lolos dan pas masuk gate juga ga masalah. Bagi kita yg ga bawa bagasi dan Cuma bawa hand carry, perlu diingat kalo berat hand carry max Cuma 7kg!!! ngga boleh lebih dari itu. Oiya, hal lain yg perlu diperhartikan adalah:
Sebaiknya tiba 45 menit/ 1 jam sebelum take off, dan harus udah masuk imigrasi. Karena gue waktu itu Cuma punya waktu 30menit dan harus ngantri pula di imigrasi sementara boarding gate D4AA udah dibuka.. Terpaksa gue harus lari2, uda mana lumayan jauh lagi. Ckck..diujung pula. Swt deh.
So better nunggu drpd mepet2 sambil ketar ketir.lols.dan lebih parahnya lagi ketinggalan pesawat. Finally gue sampe juga dan Cuma nunggu5 mnit. Syukur deh.. J Dan karna tas gue udah ga muat, 1lays salmon harus kurelakan. Huhu..
ITu emang bukan bwad gue, tapi tetep aja nyesek. Padahal pengen mereka cobain.huaaa..
Pasti penampilan gue aneh banget pasti karene gue langsung pake long john, mantel dan scarf.Orang pasti pada bingung, tapi biarin deh. No other choice. Pas gue masuk pesawat, gue langsung dilayanin sama pramugragi AA yg cantik2 pake seragam merah dan ngelayanin dengan ramah. Gue duduk deket jendela(yay!)dan sebelah gue bapak2 yg keliatannya baik dan ramah dan nanya gue ini itu.Lucu sih, tapi lumayan bawel sampe2 gue agag tersendad pas nulis diary:P lols.Gue kan rada pikunan, kalo ga ditulis secepatnya tar lupa yg ada. Haha..Oia untuk pembayaran tiket kan pake credit card, (maap tb2 ga nyambung), kalo pake Standard Chartered mesti pake security code yg 4 angka di blakang itu sama limit pemakaian, kalo BCA ama Citibank ga usah.Udah gitu kalo uda, tinggal dirpint deh boarding pass nya :D perjalanan dr JKT-KL berlangsung 2 jam, dan gue masih mikir mau bobo dimana yah besok (yg jelas di bandara KL lah ya sambil nunggu penerbangan selanjutnya. :P)


***

Sesampainya di KLCC (ngomongnya pake aku aja deh, biar lebih sopan :) )

Jadi, aku ketemu sama bapak2 (orang Arab) yang baiiik bangett. Dia bantu ngangkatin dan nurunin hand carry aku yang gendut itu. aduh baiiknya xD


om2 yang duduk di sebelah aku itu akhirnya pindah ke belakang, jadi aku bebas bisa nulis diary. haha..

Om itu asalnya dari Cirebon, dan dia mau ke Cgina. ketiga anaknya smua kuliah di Binus. Sesampainya aku tiba di KLCC, aku liat di lapangan terbang smuanya cuma pesawat AirAsia doang. gila bangettt..


trus karena ini naik airasia yah, jadi turunnya ga langsung masuk bandara, jadi di lpangan terbangnya gitu, yang di sekitarnya cuma ada pesawat dan beberapa orang yang foto dulu di depan pesawat. Aku langsung jalan aja deh ke dalem, dan jalannya bs dibilang cukup jauh, menghabiskan sekitar 15 menit untuk sampe international arrival, masuk dan dan naik ke atas lalu isis form kedatangan uda gitu kasih ke petugasnya, dicap ini itu dan nanya "lagi liburan yah mbak?"

aku jawab, "iya" sambil nyengir. aku juga ketemu sama 2 cewe yang nginep di airport juga. mereka mau ke kamboja dengan pesawat pagi dan akhirnya setelah jalan dan bingung2 juga..aku ketemu papan petunjuk "DEPARTURE". pas mau lewatin pintu keluar ARRIVAL, aku liat ada banyak orang yang ngantri bawa mawar merah. ternyataa, mereka lagi nunggu orang india berjubah putih dan berambut panjang. sosok terkenal kayanya. Tapi ga peratiin namanya :p


Pas keluar, aku lumayan takjub sama downtownnya. Bagus juga, lebih bagus dari Soekarno Hatta. Ada starbuck, cafe2, resto2 dan toko tas branded. Terus aku liat gerbang 'DEPARTURE'. aku ketemu sama cwe Holland, namanya bent. Lucu yah namanya. Kita ngobrol2 dan ternyata dia mau ke Indo. Orangnya ramah loh dan katanya dia mau ngunjungi indonesia selama 8 minggu. kereen, dan dia nanya ke aku..aku rekomendasi tempat agus apa aja di indo. aku bilang, jawa.(semarang ,surabaya , malang, g.bromo) .jogja, bandung(terutama buat kuliner), pulau K. kalimantan. palingan Singkawang, tapi aku lebih rekomen Bali (soalnya banyak yg honeymoon dan terkenal juga), Manado (Bunaken), sama Papua. yah kalo sumatera paling Medan.

dan dia udah backpack selama 4 bulan loh ngunjungin Thailand, Vietnam, dll. keren banget..


yaudah ah, aku mau k wc dulu trus bobo.

pas ke wc, aku lewatin banyak cafe yang cukup menarik. ada Marrie Brown, Chocolate Lounge (keliatan cozzy banget), Taste of Asia, supermarket dan juga McD 24 hours. sayang aku ga bawa ringgit sama sekali, jadi ga bisa jajan ini itu deh. :( Tapi downtown ini emg jauh lebih keren dari indo.. dan well, ternyata aku ga sendiri.aku ketemu banyak buleee yang bermalam di airport, ada yang duduk ataupun tidur. mereka baca buku sambil denger walkman, gila mereka sih kaya di rumah sendiri loh. tidur2an di lantai sambil baca buku. haha, lucu banget. anehnya kalo orang liat cewe bule jd solo backpacker biasa aja, tapi kalo liat cewe asia..kayanya aneh banget.. mungkin karena belum lazim x yah..?


**MORNING**



No comments:

Post a Comment