Saturday, August 14, 2010

Day Two- Melb



Aku dibangunkan oleh alarm pukul 9 pagi. Pada saat itu, aku agak resah karena sepupuku belummembalas smsku dari kemarin. Pas bangun aku merasa kedinginan, tapi berneda dari kemarin, dengan bibir perih dan merahh (ketika aku lihat di kaca) dan suaraku hilang sepenuhnya, tidak ada suara serak atau mencicit paling tidak. :( gawat. Aku mengubungi sepupuku tapi lagi-lagi tidak diangkat. aku janjian sama dia dari semenjak aku di jakarta anyway. Dan karena akumerasa ga enak badan dan sedikit meriang, aku memutuskan untuk minum obat lalu tidur lagi sebentar. Sekitar jam 10 pagi aku bangun lagi dan menelpon sepupuku, tapi lagi lagi ga ada jawaban, dan hujan besar di luar. Dingin, rasanya aku mau mendem di bawah selimut aja. >.<


Setelah 10 menit aku bersantai2, aku ngerasa wasting time banget kalo aku cuma ngerem di tempat tidur without do nothing. Jadi, aku langsung beres2 dan aku telpon Clara yang rumahnya ga gitujauh dari Prahran tapi smsku juga ga dibales dan telpon juga ga diangkat, so aku telpon Felice, diangkat..tapi dia lagi di geerja..dan jam 1 baru keluar. ia tinggal di city. Jadi aku bilang, ak hub dia lagi kalo udah jam 1. Aku beres2 dsb lalu pas jam 12 sepupu aku FINALY telpon juga, ngajak ketemuan di city. Flender Street. Aku langsung siap2 dan setengah 1 aku jalan ke subway. SEpupuku yg bernama Vivi, menyarankan aku untuk membeli weekend saver seharga 3 AUD. Ketika di stasiun ga ada seoarngpun yang jaga, cuma ada mesin tiket, tapi itupun adanya daily, weekly, dll, dan ga ada yg namanya weekend saver.  So, aku tanya singaporean yang kebetulan juag menunggu kereta dan advise ak untuk beli di 7th eleven. emang 7th eleven tu toko serba ada ya.. :p setelah itu, aku langsung ke sana. ga susah car 7th eleven, secara ada tiap 5 meter. haha. dan aku juga menemukan sederatan store, restoran, toko buku, dan cafe. wahh.


Aku kepengen banget beli long coat merah dari dulu, tapi di naf-naf mahalnya ajubile. Aku juga liat ada tulisan SALE super besar di depan salah satu butik. hmm, lewatin aja deh. lalu pas dipertigaan, daku juga liat samping kiri dan kanan semuanya butik, lalu aku memutuskan untuk masuk aja ke 7th eleven dan mendapati ada berakenaka ragam makanan, snack, kue2, roti hangat, sandwich, sushi, pizza, ice cream, hot chocolate(self service) which even better! hoho.. :P


well, aku tanya ke orangnya, dan ternyata mereka cuma jual weekend saver untuk 5x weekend dan harganya 15 AUD. Padahaal, aku di sini cuma 4 hari. Sayang juga kalo beli. Aku mutusin buat beli di stasiun aja deh..lebih mahal 2 AUD paling banyak.


AKu lewatin butik dengan SALE itu, jadi penasaran nihh.. akhirnya aku masuk, dan aku mendapati long coat, dress yang indah itu dengan harga 40 AUD, tapi ga ada coat merah yang kucarii.. :( tapi ga alama, aku menemukan topi2 yang harganya 25 AUD, dana ad yag meraaaah pula. cihuy!

aku tanya ada disc ga, dia bilang kalo ak beli cash, dia akan ksih aku 20 AUD aja. emang ga murah. tapi bahannya bagus, dari bahan rajut tebel gitu. cantik pula. jadi aku beli deh. hihi..

nah, abs itu aku jalan ke stasiun, pas baru sampe....eh keretanya dateng..aku tanpa pikir panjang langsung menghambur masuk kereta, dan baru keingetan belom beli tiket. mateng deh! Kalo kemaren ke clayton ga usah validasi gpp, soalnya kan itu stasiun keciil. Tapi kalo south yarra atau city loops aku harus validasi dulu sebelum keluar. ada mesin dan penjaga juga.. apalagi pas aku baca resiko kalo ga ada tiket sampe dipenjara segala, tambah serem deh. Aku coba tanya orang, dan dia bilang kalo aku mau ke city aku ga perlu turun di south yarra. Eh bener aja loh (emang odong, aku ingetnya smua destinasi harus turun dulu di south yarra, kec mau ke subburb). aku lewatin Richmond, Parliament(city) lalu Melb Central 9super gede stasiunnya), lalu Flasg Staff, Southern Cross dan Flinder Street, akhirnya. Statiun ini ga kalah kede sama yang di melb Central dan Southern Cross.


NOTE: bagi yang beli tiket train atau tram, bisa digunakan untuk semua transportasi (train DAN tram) = (multifungsi), ada yang buat 2 jam, one day full, ada yang buat 10 x dan ada juga yang buat weekend saja.


Keluar dari Flinder St, aku bingung..how i get out of here... 

finally, aku nanya sama bagian informasi kalo tiketnya hilang. (white lie, gpp :) ) nah,staff cowonya bilang ga usah kuatir, bilang aja ke petugasnya yang jaga di tempat validasi, lalu aku tinggal bilang aja kartunya hilang lalu beli tiket lagi deh di loket. wii, gitu doang? fiuuhh..baguslah..

aku langsung dikasih petunjuk dimana loketnya, dan aku beli sunday saver, yang harganya 3AUD pake seharian.

Ketika aku keluar, mau gamau aku takjub dengan gedung2 san suasana hiruk pikuk di luar serta pemandangan(bukan nature) tapi pohon2 dan tata kotanya. (well, entah aku lebay yah, yapi emang bagus koq :D),


Banyak pohon gundul yang cantik (aku selalu suka dengan pohon gundul, dan ranting2nya yang menawan), tatanan kota yang rapi dan arsitektur klasik yang indah. Ada cafe, katedral. aku langsung antusias foto2. ^^v

Aku melewati swanston street dengan adanya katedral yang cantik, lalu Melbourne Town Hall, Exhibition Tim Burton(sangat menarik bangunannya) antiik. Lalu aku juga mendapati toko2 branded dan antik seperti Channel, Prada, Gucci, dsb. Eh tiba2 aja ujan gede, jadi aku masuk di salah satu toko, aku liat2 dan menemukan 1 gaun cantik seharga 6.320 AUD. hewww..

harganya lebih cantik bahkan dari gaunnya.

setelah hujan mereda, aku keluar..lalu aku jalan ke bourke street dan aku tiba di Collin's House. Di sana ada theater juga. aku ke sana sekaligus menghangatkan diri. aku menemukan toko buku disc 20%. huaa, aku langsung sumringah. tapii, bawaan oleh2 aku buat host masih banyak, ga muat deh kalo aku masukkin buku. hmm.. nanti aja deh.

Setelah itu, aku keluar melewati Queen st dan William St. bagus ya, tatanan kotanya, klasik, rapi, bersih, tertata dan cantik. :) aku suka kota ini. :) tenang dan menyenangkan.

anw, disini multicultural loh. ada beragam jenis penduduknya. Ada sekelompok anak muda berbincang dengan bahasa jepang, dan ratusan orang indo(seriusan, they re everywhere!), orang korea, philipine, dan vietnam. Kalo di Bali banyakkan bule berpasangan dengan orang asia tanning a.k.a melayu. tapi kalo di sini banyakloh caucasian yang berpasangan dengan white asian, seperti Chinese-Indo, Japanese,  Chinese atau Korean. Di sini juga ada delman cantik ykaya di film disney princess, saking bagusnya aku sampe foto dulu di depannya. haha.

setelah itu, aku ke Market Street yang letaknya cuma di sebarang jalan, banyak FO2 spertinya, dan harganya pasti jauh lebih murah. serasa di mangdu. Ada FO yang bajunya lumayan mahal, sekitar 40 AUDan. Ada sih yang 12 AUD tapi ga bagus kualitasnya. tapi di toko sebelahnya murah2 banget. ada yang 4, 6, 10, dan 14 AUD. yang jualan orang chinese asli. Aku menguatkan hati untuk ga shopping, haha. Pas aku lagi liat2, aku ditelpon sama ci Vivi kalo dia udah sampe.Katanya dia telat karena hujan gede banget. Ci vi ajak aku jalan ke Bourke St mall, lalu kita ke melb Central, setelah puas jalan2 di mall kita dinner di oriental Spoon. Korean rest. makanan yang ditawarkan adalah: SAM GAE TANG, DEN JANG JIGAE, BULGOGI(meat, pork, poultry), NOODLE, OX TOUNGE, MARINATED BEEF, GOGUCHANG (pork belly) dll. kamisendiri memesan Cham Chai, Beef Bulgogi, sama semavam siomay. Seperti biasa, appetizer dikeluarkan terlebih dahulu. Kimchinya enak, lezat, rasanya pas dan fresh, dan yang terpenting ga bau pesing kaya kimchi yang pernah aku makan di salah satu restoran korea ga jelas di indo. haha. Dan untuk porsi makanan? ga usah kuatir, gedee banget, jadi bakalan puas.

Walo banyak tapi kami optimis bakal bs habisin, karena bagaimanapun ini makanan asia, jadi ga bikin enek kalo makan kebanyakan. :p

 Dan lucunya bule yang duduk di sebelah kami lirik2 terus ke meja kita, dan keliatannya ngiler, eh bener aja loh. mereka pesen menu yang EXACTLY THE SAME sama yang kami pesen. haha.

Oh ya, bagaimana dengan restorannya? Tempatnya nyaman, besar dan waitress korea yang layanin cantik2. ;)

Tapi pas aku liat pesenan orang lain, kayanya enak2 semua, bikin ngilerr..

Ada di panci besar di tungku yang berisikan seafood, sayur dengan kuah bewarna orange, lalu ada sushi, dan makanan korea unik lainnya. Mupenggg.. >.<


Oke, setelah itu ci vi membayar bill, dan dia insist mau traktir.. padahal aku bilang ga usah.. wah baiik sekaliyy . katanya dia uda kerja dan aku belum, katanya aku juga uda direpotin dengan bawain barang2 gendut buat dia dan aku juga mesti bawa titipan kalsium seberat 1000 gr buat pama nya + pama ku. padahal gpp juga. :)


setelah itu, kita menuju Chill. Dan kita ngelewatin China Town. eh pas nyampe sana, tau2nya tutup. hiks..

Sepupu ak bilang di GoldCoast juga ada, jadi ya sudahlah. Kita jalan lagi meuju Soutbank dengan naik tram. Btw, kita bis loh beli tiket skybus dari city ato airport di stasiun, harganya 16$.


Kita juga lewatin State of Library of Victoria yang kereen , eh ada es teleh 77 juga lohh.. lols. jadi penasaran mau cobain gimana yah rasa esnya dsitu, bakalan sama apa ga ya, dan bakal ada tape goreng keju ga.. :p
Pas udah nyampe Southbank, kita foto sejenak *narciz mode on* adi deket south Yarra river. Pemandangannye kereeen abiis, dan airnya juga ga bau seperti sungai2 yang aku jumpai di tanah kelahiranku. :p *peace ind
Abis itu kita ke Eureka. ada yang pernah ke sana? eureka itu semacam Shanghai Tv Tower, 100 Sky Deck di Hongkong, dan masih banyak gedung serupa lainnya. Intinya Eureka itu adalah gedung tinggi yang mempunyai 88 lantai. Hebatnya kita naik lift menuju lantai paling atas hanya membutuhkan waktu 5 menit saja. pas masuk, kita harusnya beli tiket di loket, tapi ci Vi udah punya 2 tiket gratis. kalo bayar, per orangnya 22 AUD/pax. Kita diharuskan menaruh barang di loker termasuk ponsel dan kita juga harus mengenakan semacam sarung tipis untuk sepatu. Aku masuk berenam. Dan ketika masuk, liftnya didorong keluar, sehingga semuanya transparan. Kaca di dinding, atas dan bawah. berasa melayang. dan berhubung aku takut ketinggian, mau gamau aku jadi bergidik sekaligus takjub melihat ke bawah. ada rasa takut karena kita di tempat yang super tinggi dan hanya berdiri di atas kaca, dan kagum dengam pemandangannya, lampu2 cantik dan menikmati keindahan kota melb dari atas. sungguh menakjubkan bisa dibilang. Ci vi sempet nakut2in aku kalo nanti liftnya bakal dijatuhkan (atau turun dengan kecepatan yang sangat tinggi,lebih tepatnya), ternyata aku cuma dikerjain doang. cape deh. Kita ternyata juga difoto dulu secara bergantian. Di deket situ juga ada Melbourne Aquarium. Kita jalan dan foto2. Ada The Arts Center juga tapi uda tutup, dan dsitu ada penyewaan sepeda juga (teringat sewaktu di UI). Di sepanjang sungai, ada banyak taman dan suasana serta pemandangannya cantik dan bikin damai. Pohon, rerumputan, bangku, lampu, sungai. semuanya menjadi kesatuan yang cantik. Then, spupuku ngajak ke suatu cafe, yang aku bisa bilang fancy dan cozy. Kita pesan cappucino untuk ci vi dan Hot chocolate untuk aku, juga scallop. enaak, suasananya jg enak. kita ngobrol banyak, tentang pekerjaannya, tentang pacarnya yang orang Italia itu, dan rencana pernikahannya nanti. Setelah ngonrol, kita jalan bareng ke tempat tram, aku nanti turun di Melb Central buat ketemu Felice. haha, kita ketemuan semalem ini. gpp deh, daripada ngga sama sekali. ya kan? ;)
Aku ke Melb Cen, dan Ci Vi balik ke rumahnya, dia bilang tempatnya jauh dari sini dan besok harus kerja pula pagi2. duh aku jadi ge anak bikin dia repot. Segera setelah aku ketemu 'Lice' panggilan felice, dia mengajakku makan pancake. tapi aku dah kenyang banget, dan aku ga bisa hambur2in uang karena uang yang aku bawa juga ga banyak. Akhirnya kita ke restoran chinese food cari dessert, dan memang cuma restoran china aja yang bukanya ampe larut. haha. udah tradisi begitu. kalo orang sana mah,, jam 5 udah tutup. mallpun begitu. payah yah.
Oya, nama tempatnya Dessert house. Akhirnya setelah kita ngobrol dan berkangen2an, kita memutuskan untuk pulang, karena restonya udah mau tutup juga dan sudah teramat sangat larut. akhirnya aku sampe di prahran jam 12 kurang.
Thanks to Ci Vivi and Lice. *hug*





No comments:

Post a Comment