Friday, August 13, 2010

Day One-Melbourne

*** Setibanya di Melb***


Akhirnya pesawat landing dengan sangat mulus (terbukti pilotnya tetep oke walo ini LCC), dan aku berusaha mengeluarkan Tadut ku (tas gendut) yang nan berat itu. dan (lagi-lagi) untungnya ada orang yang nolong aku. (cowok yang keliatannya sih chinese indo), tapi pas aku bilang "susah diambil, kemungkinan nyangkut yah", dan bukannya merespon perkataan aku, dia malah melongo.

well, abis itu dia ngajak aku ngomong inggris. ternayata dia Chinese asli. pantes. hahaha.


Jujur, emang pas aku tiba di MEL beda banget sama pas di KLCC (di mana aku diturunin di lapangan terbang) lumayan bagus airportnya dengan karpet biru sepanjang jalan, dan dihiasi lukisan2 juga. Di sana juga disediakan buku panduan melb (bagus juga nih, jadi turis2 bs ambil dan mempelajari). Tentunya aku ambil, penting banget soalnya. Karena di dalamnya ada objek2 wisata apa aja yang harus dikunjungi di Melb selama winter (ternyata buku ini disesuaikan dengan season, which is goodd dan up to date), karena siapa tau aja ada objek yang kita gatau sebelumnya. Selain nama tempat, juga ada penjelasan yang dilengkapi dengan peta(berguna bangett!), restoran yg enak2, tempat dining and nightlife (mirip kaya yang di Lonely Planet gt2 tapi ini lebih spesifik), bahkan ada voucher2 diskon juga loh... Pokoknya berguna banget dehh, jadi JANGAN LUPA dialmbil. ;)


Oiya, kalo mau ikut tour di oz, bisa kunjungi web ini juga: www.greenpeace.com

ada paket2 murah juga kaya Ballarat, remaining city semacem kota tua bersejarah (bisa foto2 juga apke baju tradisional mereka, gaun jaman duluu *mupengg) 12 apostel, dan philip island.

kalo kita pake yg Chinese tour guide stengah harga lebih murah ketimbang local guide alias bule. Bagi yang suka shopping, bisa dateng ke Victoria MArket/ Factory Outlets deket South Yara (tempat yang banyak shop2 dan orangnya fashionable, dan Moniq tinggal di situ, jadi aku bs hunting2 dress. asiiik xD (atau mungkin cuma window shopping, karena mahal. T.T), dan bisa juga buka web: www.outlet-shopping-tours.com telp: (03) 8822 4568


SEKEDAR PANDUAN:

tempat yang harus dikunjungi di melb, berdasarkan Point of Interest:

* Fitztray ; kunjungi THE ROSE ST ARTIST'S MARKET. di sana ada tempat2 unik. Open: tiap sabtu dan minggu 11.00-17.00



*Collingwood: COLLINGWOOD'S U-TURN FASHION menjual baju baju designer dan explore Abbots Ford Convent. Ada market,taman, tempat kesenian, juga makanan enaak.

Open: 10 am- 05 pm (senin-sabtu)

alamat: 266 SMITH STREET. Collingwood.

Tram 86 dari Bourke St.



*ST.KILDA: Southern Melb (pantai gituu), port melb albert park.


Getting Around: Douth Yarra; Prahran and Windsor, hawksburn Armadale.

Tram 8,72,6,5,64,78,79 adalah transport yang menuju Chapel St.

Tram akan berangkat dari Swanston walk dari city dan buka dari 5.30 am sampai 12.00 pm





LANJUTTT*


Nah, di Oz itu ketat banget, ga kaya di airport2 lain. jadi, nanti kalian akan ketemu counter arrival dan dibagi australian dan foreigner (seperti biasa). Trus kita tinggal kasih passport dan serahin form yang kita isi di pesawat tadi, dia tulis2 sesuatu, cek boarding pass dan aku pun diijinkan lewat.

Jalan ga berapa lama, aku ketemu toilet dan aku mutusin untuk ke toilet dulu, lalu ikut ngantri ke exit. ternyata exitnya ga bener2 exit, ada 3 cabang dan ada petugas di awal cabang nanyain aku bawa makanan jenis apa? aku jawab snack dan biskuit, lalu dia minta aku masuk jalur 2. jalur 2 sepi, sedangkan jalaur 1 dan 3 cukup ramai. Orang yang ngantri di jalur 1 itu yang bawa unsur tumbuh2an. Anw, orang yg di depanku itu sampe bongkar koper segala, ngeri amat.


Untuuuung aku ga jadi bawa DVD bajakan, bisa gawat nih urusannya. Dan pas saatnya giliran aku *deg2an.

Aku ditanya lagi makanan jeis apakah yang aku bawa, dan aku jawab SAMA PERSIS dengan jwban aku tadi, dan dia hanya menscan tasku dan bilang "yeah, its fine." syukurrr bangetttt, lolossss.. :D yeay!


aku langsung menuju exit dan ketemusama ko Edwin dan Ake. pas aku keluar, berasa banget dinginnya. Tapi aku ga gitu menggigil. Pemandangannya keren banget lohh, dengan lampu2 dsb. mau foto *norak* tapi sayang kamera aku berada di tumpukan paling bawah. Kalo kameraHP uda pasti ga bisa, kalo gelap2 begini, ditambah lagi jalan. blur pastinya. Aku dianterin sampe apartmene Moniq di Prahran, baiiknya merekaaa.. :)


Moniq juga baiiiik bangett. Aku nyampe apartment udah jam 3 subuh, dan dia masih jelasin ke aku soal gimana cara jalan ke stasiun subway, dan kasitau gimana cara nyalain kompor supaya alarm ga bunyi, karena alarm di sini sensitive katanya, tempat buat ngecas, serta jalan ke stasiun. Karena besok aku janjian pegi sama Ko edwin dan Ake, sedangkan Moniq mau ke sydney sama keluarganya. pas banget datengnya barengan sama aku. Moniq dan keluarganya nawarin akuikutan juga ke sydney bareng mereka, tapi aku kan udah punya jadwal dan itinerary sendiri, jd ga bs ikutan.

Day 1 -Melb-


Jam 05.30 Monique uda siap2 dan dia bangunin aku buat infoin kunci ditaro dimana, akhirnya aku bangun juga jam 7.00 lalu aku liat catetan2 dari Moniq yang kasitau tentang gimana caranya buka horden (emang agak antik, jadi perlu diajarin :p), pake telpon, dan BAHKAN dia ninggalin 1 handphone dia untuk aku pake selama di sini. could you imagine that????? how generous and lovable she is!!! :D

Tapi kan aku emang mau keliling2 di oz, dan dalam jangka waktu yang lama juga..jadi aku mau beli nomor +pulsa aja nanti. Moniq bahkan ninggalin nasi buat aku makan +sosis dll. Sayang sekali aku alergi nasi. (Jangan tanya kenapa, aku udah menjelaskan sekitar ribuan kali kepada smua orang yang bertanya, kayanya aku bakal mempertimbangkan untuk buat blog khusus ttg alergi nasiku. haha). honestly aku itu suka banget nasi loh, dari nasi putih (prefer kelembekkan drpd pera), nasi kuning, nasi uduk, nasi ulam, nasi goreng, nasi hainam, nasi campur, dan jenis nasi2 lainnya.

aku sendiri bawa oleh2 buat moniq..kacang pedes itu, semoga dia sukaaaa :D

segera aku siap2, walo kedinginannn.. huahua... Ake kasitau aku cara  naik train, dan kita ketemuan di "clayton", dan aku juga dikasih pinjem kartu sama ko edwin. jadwal keberangkatan dari "Prahran" ke 'South yarra" jam 09.13, lalu dr south yarra lanjut ke Clayton jam 09.30. Kita ketemuan jam 10.00.

Akhirnya aku memutuskan untuk jalan lebih awal buat liat dan foto2 juga sekalian. Aku memakai long john, sweater pink+long coat tipis anti angin(biasa dipakai kalo lagi hujan dan pas autumn=>salah kostum :( ) sumpah dinginnya ga kira2, brrrrr...

muka aku berasa kebal dan kering, tapi walo gitu pantang mundur tetep jalan melawan angin. duh, mau beli masker buat nutupin muka nih rasanya. hahaha..

saking asiknya foto2 (walo freezing) aku jadi ngerasa perjalanan makin jauuuh, dan ga keliatan2 tuh stasiun, akhirnya aku nanya orang salon(takut kelewatan, soalnya gatau itu belokkan jalan besar atau gang doang), ternyata bener2 aja kelewatan gara2 aku asik sendiri foto2, ditambah emg itu belokkan cuma gang kecil doang. haha. Di deket Prahran itu ada Swinburn University, juga ada banyak shop yang jual coat, baju, firniture, dll. ternyata ada 2 gang kecil ke arah Prahran Station. Ada papan petunjuknya.

ada 2 arah, 1 ke city..1 lagi ke arah sebaliknya aku pilih yang ke city, dan sesampainya di sana, aku ketemu sama petugas yang berbaik hat menjelaskan kalo nanti aku keluar di south yarra, aku harus validasi kartu dengan cara menggesekkannya. hmm..

tapi kalo di stasiun kecil ga usah, dan dia juga bilang aku harus berhenti di south yarra, lalu ke peron 6 untuk tujuan Cranbourne, tapi aku turun di Clayton. Yaudah, sambil nunggu aku ngobrol sama cewe asia asal Myanmar. Dia bilang dia kelewatan kereta pagi gara2 anginnya kenceng banget. Dia kuliah master degree di Monash.

sesampainya di south Yarra,aku langsung ke peron 6 sesuai arahan dengan cewe itu juga. dia menelepon teruus ketika kami menunggu dan ternyata banyak sekali orang yang juga nunggu sambil makan snadwich/sebangsanya. memang tadi ada orang yang jualan sandwich bacon_cheese seharga 3AUD dan donut2 juga, roti juga ada.harganya 5AUD. Sebagian dari orang yang menunggu itu (perempuan) memakai stocking tipisss(bukan legging bahkan!) dan boots serta long coat, malah aku sempet liata ada cewe yang pake stocking tipis+flat shoes, dan ia terlihat cool2 aja sementara aku menggigil kedinginan. Yang paling parah sih muka sama tangan, bener2 uda kebal dan beku.

mereka sih modis2 loh, bahkan ada 1 cewe jepang yang superrr modis memakai baju paduan coat hitam yang keren, stocking jala(tapi jangan bayangin stocking jala murahan atau yang kaya di film2 itu yaa), boot dengan heels sekitar 7 cm, topi yang serasi dan tas LV.


Setelah menunggu beberapa lama, akhirnyaa aku masuk dan mendapati orang yang bahkan lebih aneh lagi. ada 1 cowok ABG yang HANYA memakai kaos kutang. sungguh mengherankan.


Ga lama setelah itu aku sampai di Clayton dan ya ampuun dari hangatnya subway terus ke luar berubah drastis suhunya. dan bahkan di sini jauh lebih berangiiin, daripada di Prahran tadi, dan bikin jadi makin dingiin... superrrrrrr dingiiiiin. Aku tetep foto2 dan memutuskan untuk jalan2 di sekitar sana, ada banyak toko juga. dan kebanyakan toko india. Ada salon, supermarket,smuanya india. (jadi kaya semacam India Street), toko2nya seperti: hippo restaurant(ada yag pernah denger?) yang menjual piazza+pasta, victoria bitter (sounds untasty). Lalu ada: Jaipur Curry, Punjab cafe (mengingatkan dengan Ram Punjabi :p), dan transpice supermarket yang emnjual aneka snack. Ada permen kenyal setipe yuppie yang dijual 1 onsnya 2 AUD dan ice cream. Aku bener2 heran mendapati ada bule yang membeli ice cream dalam cuaca sedingin ini (apalagi mengingat aku ga pake masker+salah kostum, jadi bener2 ga kebayang deh).

tapi ternyata itu hal yang waja untuk makan yang dingin di saat musim dingin.


Jadi, untuuung galama setelah itu aku dijemput AKe&ko ed. ternyata, Ian ikutan juga. ian itu salah satu temen misdinar+gereja. Sekarang kami menuju Mt.dondaenong terlebih dahulu. Sebelumnya, kami makan dulu di cafe"Miss Mapple's tea Room". Mereka menjual Chicken+ham+cheese+bread, salmon package, pie2 dan scone yang terkenal. ADa rasa plain dan buah. harga 4.8 AUD. Juda ada dessert dan minuman. Tadinya aku mau pesan yang paling murah, tapi itupun seharga 12/20 AUD, tapii mereka bilang yang terkenal itu pie-nya dan "Quiche Loraine" (egg&bacon) dan harganya 16.5 AUD. Ya ampun mahaalnyaaa.. T.T

Tapi setelah dipikir2, mening pese pie aja deh, toh harganya ga jauh beda sama sandwich yang tadinya aku mau pesen, dan begitu juga dengan minuman, harga mineral water dengan minuman hot beverage ga beda jauh, jadi aku pesen cappucino akhirnya. ian pesen Choco Marshmallow yang sumpah bikin ngiler tapi mahaaal. (lebih mahaaal drai capuccino). Sebelum makanan datang, aku menikmati suasana di cafe yang "HOMEY" dan "TIPE IWID" bangettt. gabungan antara classic, homey dan sedikit country. aku suka banget tempat iniiii, dari mulai design, lagu, suasananya.  Nyamaaan dan bikin betah. One of the comfie place that i ever been. xD

Bahkan di sini ada furniture klasik yang simple tapi manis, wallpaper vintage dengan warna pastel, pajangan dan juga tungku perapian cantik yang menjaga kita tetap hangat, ditambah heater juga pastinya. dan rame bangett di sini, bahkan msh ada banyak orang yang ngantri di luar. Okay, minuman kami yang datang terlebih dahulu, disusul dengan makanan. Makanan aku terdiri dari mash potato yang sangat padat dengan kacang polong dan daging ayam dengan potongan kotak. Cukup lezat tapi ga sampe gimana2 juag siih.. Tapi itu bener2 mengenyangkan dan mereja bahkan pesen scones (sejenis bolu halus yang diberikan 2 macam selai, yaitu stawberry dan cream). Aku ga mesen, karena mahal. dan aku kan emag kurang suka sama bolu. jadi paling aku cobain aja, lagian aku super kenyang. 


Oiya, di sebelahku ada granny2 yang pesen semacam brownies yang dilumuri cokelat lumer yang super banyak dan menggiurkan di atasnya dan juga cream di sampingnya, itu ukuran JUMBO, dan ia memakannya seorang diri. Kita bener2 ngiler liatin oma2 itu makan, jadi akhirnya kita patungan deh beli itu. xixixi :p

tapi bener loh itu ukurannya gede bangett. aku cobain scone punya Ake, emang bolunya sih lembut dan legit, tapi biasa aja sih. :p dan untuk ice cream brownies cokelatnya enaaaaak dan menggendutkan pastinya. :p browniesnya okei, cokelatnya kental dan emg 'cokelat' banget. Disajikan hangat pas lagi dingin2. kebayang kan enaaaknya. xD Kita semua melahap, tapi saking banyaknya dan kita juga uda kekenyangan anyway..tetep aja ga abis.padahal kita makan berempat. Aku udah kenyang banget+mual. aku pengen banget abisin, bukan karena aku rakus tapi karena aku ga tega liat makanan ga abis dan aku jadi teringat sama2 orang yang kelaparan di luar sana, jadi sayang kan kalo ga diabisin.. tapi apa daya, perut sudah tak bisa lagi menampung..


Ga lama setalah itu, kita membayar bill, foto2 sejanak..lalu lanjut ke puncak mt.dondaenong. ada restoran yang keren di puncak dengan pemandangan yang indah, tapi Ian bilang makanannya kurang enak dan mahal. hmm, biasa restoran semacam itu emang begitu, jadi keinget ama Skye di Menara BCA. Setelah kita puas menikmati pemandangan + foto2, kita melakukan perjalanan ke Philip Island. wii...asiiik liat pinguiiinn xD

Perjalanan memakan waktu 2 jam. Selama perjalanan, aku melewati peternakan2 yang bagus dan rindang, banyak juga sapi hitam putih, domba, dan rusa. Aku tertidur pulas karena tadi aku emang cuma tidur 3 jam, bangun2 udah sampe di tujuan. Kita pertama pergi ke The A Maze n Things. Di sana banyak hal unik yg bs dilihat, kaya yang buat menstimulasi pikiran contohnya. Biaya masuk 18 AUD dan jam 5 sore udah tutup.


Aku dikejutkan pertama kali oleh rumah yang dipenuhi air dalamnya, dengan bangku terendam dan ledeng mengawang di atasnya. keren buat foto loh.
Lalu, ketika masuk ada permainan aneh, yaitu rumah kaca, foto besar kecil, dan trick2lainnya. Ada maze juga, sempet main berempat. aku berdua Ake, IAn dan Ko edwin. lucunya aku sama ake udah keluar ga sampe 10 menit, sedangkan ko Ed dan ian keluar 20 menit kemudian. hmm, kayanya kita salah exit tadi. hahaha.
Tapi di antara semua permainan tersebut, yang paling menegangkan adalah Free Fall. Sumpah, serem abisss. Aku emang ga menyukai ermainan yang bikin ulu hari nyut2an, seperti kora2 atau yang turunan, atau yang jatuh2an seperti ini. Lebih baik yang menegangkan dan extreme seperti tornado atau kicir2 yang ada di Dufan misalnya. :p aku cukup sekali cobain, ga lagi deh. liat ke bawah aja uda jiper duluan. hahaha, apalagi pas mau lepasin pegangan tangan, ningkatin adrenalin banget, rasanya jantung mau copot, dan dilemma antara mau lepasin tangan sama ga bisa lepasin tangan sampe akhirnya tangannya udah ga kuat lagi buat nahan beban, dan kelepas sendiri. haha. emang macu adrenalin bangettt pas jatuh tapi abis tu legaaa. hehe..



Ko Ed sama ian sih seneng baget loh main begituan, sampe main 2 x dan mau nambah lagi. aku sih cukup sekali aja :p
 
okei, abis itu kita langsung menuju ke Philip Island. Biaya masuk 21 AUD/pax. Yang masuk cuma Aku + Ian, soalnya Ake +Ko ed udah sering katanya. AKhirnya setelah kita liat poster2 tentang pinguin, kita memutuskan untuk duduk di depan pantai (sudah ada tampat duduknya, bersusun kaya stadium tapi ga melingkar), dan kita menunggu kedatangan si little penguin dari pantai ke rumah masing2. Aduuuuh..pinguin2nya sumpah unyuuu bangetttt, sayang kita ga boleh foto atau pegang. padahal aku pengen elus2 palanya. hehe..
Kami mengikuti arah jalannya si pinguin, dan aku beserta gerombolan orang lain ikut ke jembatan. Duh, mereka bener2 lucu. mereka ngenalin loh rumah mereka masing2, bahkan yang lebih lucunya lagi sebagian dari mereka ga langsung balik rumah..tapi ngobrol dulu sama tetangganya. hahahahaha..
Di deket philip island, kita bisa juga pergi ke tempat anjing laut dan nobbes(semacam rusa). Kita bisa beli 3 parks pass (pinguin + heritage farm + koala +conservation centre + nobbes), untuk pembookingan BISA TELPON KE: 5951 2800
 
Nah, setelah selesai kita langsung pulang dan sebelum itu..aku beli nomor + ke wc dulu di supermarket grocery terdekat. Setibanya di sana,angin bertiup kencang sekali, ga kira2 dinginnya. brrrrr...smuanya uda berasa kebal nih.
Btw pantai di philip island itu gorgeous banget loh! Tapi kalo udah dingin begini harus main di pantai, yang anginnya lebih kenceng dari ini.. hmm, ngga deh. thanks a lot. :p
 
Nah, sedikit informasi nih. Untuk kartu telpon, kita bisa beli "3" bagus buat domestik, telpon gratis ke sesama "3". dan telpnya murah banget buat domestik. Kalo mau telp ke internasional, katanya lebih baik pake vodaphone. Aku pikir, aku bakal lebih sering telpon ke domestik untuk hubungi host2 aku ketimbang telpon ke rumah, karena aku bisa sms ato pinjem lappie host buat skype. hehe. Tapii ternyata sim card "3"nya ga adaaa.. :( cuma ada merk2 lain. jadi aku ambil vodaphone, untuk nomernya sendiri harganya 2 AUD. Untuk pulsa(credit) ada banyak macam. Ada yang AUD 10, 23, 29, 49. Kata Ian paling pas yang 29, bisa dipake sebulan katanya. Daripada recharge2 lagi, jatohnya bisa lebih mahal. jadi aku beli yg 29, dengan total value 300 AUD. Lumayaaan...
Nah, untuk aktifin no, telpon dulu ke 1551. Ada instruksinya koq di amplop warna merah sim card yang kita beli. Setelah telpon, ntar ada semavcam operator(lebih ke mesin penjawab) yang nanya2 ID kita. Nama lengkap sesuai passport, no passport, dll. Credit yang kita beli nanti diprint dalam bentuk struk, jangan sampe hilang! Di situ soalnya ada pin numb gt buat isiin pulsanya ke dalem nomor kita. Caranya mudah, jadi tinggal lakukan 1 intruksi seperti yang tertera di struk itu, masukkin PIN dan tadaaa..kalian udah bisa nelpon +sms deh. Struknya jangan sampe ilang yah. (skali lagi diingatkan). ABis itu, kami dinner di Berwick, di subburb. Ake tinggal di sini. kebanyakan orang yang tinggal di sini adalah bulen asianya jarang. Katanya asia lebih suka di city. KIta makan di restoran 'Sophia'. restorannya gedeee banget. pas masuk, sejauh mata memandang isinya bule semua. Di sini, selain jual aneka pasta, mereka juga jual seafood, cakes, ice cream, lengkap. Dan tentunya ada appetizer juga seperti soup dan salad. Kata Ian, ga rugii deh makan di sini. Dia biasa kalo makan di sini, rame2 gitu. Makanannya lumayan, porsinya jumbo dan harganya juga ga mahal. Porsi small aja bisa buat makan  bertiga, atau makan berdua(kalo orangnya kuat makan kaya aku, kurang asemmm ). nah, karena kita pada kuat makan, jadi kita pesen  porsi yang buat bertiga. 1 menu itu gabungan fettucini, spagethi carbonara dan risotto, lalu menu lainnya itu adalah aneka raga seafood. fried gitu, dan pake mayonaise. (ikan, udang, cumi). Begitu makanannya dateng, aku tetep kaget walo aku uda expect sebenarnya. tapi ini lebih besar dari perkiraan aku. gede bangettt. gila2an deh. Itu makanannya ditaro di nampan, bahkan. Langsung ngilerr. Dalam hati, ya elah. ini mah buat 6 orang kali yah. tapi emang keliatannya super menggiurkan. dan enaaaak pula.(kalo kata orang, iwid mah smua dibilang enak) tapi emg bener enak koq.
 Padahal yah, kita ber4 kuat makan loh..tapi tetep aja ga abis. kita makan sampe udah blenek2 deh. Akhirnya makananya di take away. 1 risooto buat Ian, 1 fetuccini +sisa seafood buat aku. Puas banget makan di sana. lebih dari sekadar puas bahkan. Porsi small harganya 10.5 AUD, kalo large 13 AUD. Kalo porsi sharing 24 AUD tapi super puass. jadi berasa all you can eat. SEtelah kenyang, kita pulang deh.. senaaaang :D
cuman suara jadi serak entah kenapa.
btw ko ed ntraktir kitaaa.. :D wiii..
thanks a lot for Ake, Ko Ed and Ian for today! :)


No comments:

Post a Comment