Thursday, October 18, 2018

Switzerland

D. Switzerland 

Tempat fav sepanjang masa, selain Austria pastinya. ❤️
Sedikit flashback aja, dulu 2009 ak pergi ke Lucern, Mt Titlis. Dan kami suka banget ke sana. Karna pemandangannya, kebersihannya, semuanya. Nah kali ini, kita pergi ke tempat yang berbeda yaitu Lauterbrunnen, Interlaken, Grindelwald, Geneve, Bern , Zurich, dan Jungfraujoch. Kita sempet lewatin Mount Blanc tapi ga mampir sih. 

Unfortunately, on D day kita ga sempet pergi ke Jungfrau karna cuaca yang tidak memungkinkan. Berkabut. Sedih sih, cuma daripada kita maksain diri pergi ke sana, uda agak mahal ksana terus pas sampe ga bisa liat apa2 sayang banget kan. 

Jadi akhirnya ya kita memutuskan untuk keliling2 dari 1 kota ke kota lainnya naik kereta. Which is bagus banget keretanya. Kita berangkat dari Interlaken ke Grindelwald lalu dari situ kita jalan keliling di sana dengan jalan kaki. Tapi kalian bisa banget naik bus kalo mau, ada ticket and information center nya kok. Grindelwald, daerah yang sangat cantik. Sebenernya seperti pemandangan di kota2 Swiss pada umumnya, cuma dsni banyak padang rumput yang luas dan bunga2 kecil semacam dandelion. 
Kita pergi ke kota2 selanjutnya jg dengan beli tiket di ticket center. 
Jadi bs fleksibel mau depart whenever we ready. :) 

Di Lauterbrunnen juga kita suka banget sih. Tempatnya fairy tale banget. Selain cantik dengan gunung, sungai2 tapi juga ada waterfall yang super cantik. 
Anw di sana jg banyak yg jual souvenir, cuma mahal2 yah. Hmm... 

Anw kalo mau ke jungfrau, kalian juga bisa banget beli di stasiunnya. Pas sampe ga lama pasti liat ada semacem tempat yg menyediakan brosur2 dan beli tiket kereta buat ke gunung. 

Oh ya, katanya Montreaux dan St Moritz bagus juga. Kalian bs baca2 buku, baca2 blog dan pinterest tentang daerah Swiss yg kalian suka supaya gather more information. :) 

Kita di Geneve ga begitu liat banyak, di sana terkenal sama air mancurnya tapi pas kita ke sana lagi rusak ;( tapi kita pergi ke pelabuhannya, which is cantik. Geneve kota yg cukup padat dan ramai, selayaknya Interlaken. Tapi karna ini kota, jadi pemandangannya ga sewah Lauterbrunnen atau Grindelwald. 

Kalo Interlaken, selain ada pemandangan cantik, juga bs shopping2. Banyak tempat belanja loh disini, cm ya emang smua serba mahal. Kalian bs beli pisau Victorinox yang terkenal, jam tangan, or jam cuckoo. Kemana2 jalan berasa antusias. Fresh air, blue sky, perfect view. Enak banget di sini duduk di bangku tangan sambil makan sandwich, minum hot chocolate sambil ngobrol dan menikmati pemandangan dan merasakan udara segar. Gada polusi or apapun yg ga menyenangkan ;) 

Di Zurich ada gereja, dan ada banyak makanan enak jugaa! 

Di Swiss juga aman banget loh. Jd ga perlu kuatir. 
Makanannya juga enak2. 
Masuk ke Swiss kalian harus bayar 40 € atau 40 Swissfrank buat sticker mobil, biasa kalian beli itu di gas station atau pas border. Better bayar pake mata uang lokal karna jatohnya jadi lebih murah. 

Dan di Swiss, kalo ke toilet selalu bayar. Hiks
Beli makanan di supermarket manapun juga selalu mahal. Dan cuacanya selalu dingin, even pas summer. 😂😂😂

Ada 1 tempat rekomen resto di swiss loh: 

Hüsi Bierhaus and Restaurant Interlaken 
Makanannya enak, porsinya jumbo dan servicenya oke banget! 


Anw ini refrensinya : 

Jungfraujoch 
 https://www.jungfrau.ch/shop/en/tickets/bergbahn/angebote/jungfraujoch-top-of-europe/good-morning-ticket-jungfraujoch

https://www.jungfrau.ch/shop/en/good-morning-ticket-jungfraujoch/

Entrance Fee (EF): 125 Euro
Opening Hours (Op): morning ticket 

Zytglogge (Bell Tower) (Bern) 
EF : no
OP : no

Cathedrale St Pierre (Geneve) 
EF: no
Op: 09:00 - 18:30

Jet d'Eau

Lindenhof Hill (Zurich) 

Fraumunster
EF: 5€
Op: 10:00 - 18:00

St Peter Kirche
Op: 08:00 - 18:00

Grossmunster
OP: 10.00-18.00 
















No comments:

Post a Comment