Tuesday, October 2, 2018

EUROPE 42 Days Journey!! Preparation

EUROPE BLOG 42 days! 

Hello everyone!!!! Im back!!!! 
Since i always write in english, and many of my readers re demand for me to write in bahasa. So now i decided to write in bahasa. 


PREPARATION


A. Airlines 

Oh well, 
Jadi yg pertama kali dibahas adalah airlines. 
Kalo pegi ke tempat yang jauh semacam europe gitu, beda benua mesti mangarungi gunung dan samudra, akan lebih baik pake airline yg nyaman. Karna kalo pake LCC (low cost carrier airline) rasanya bakal pegel linu dan biasanya transitnya lama. I’ve tried LCC to New Zealand and it took 16 hours and i feel like zombie. Oh well...

Kalo mau beli tiket ke europe dengan airline yg oke dan harga yg oke kalian pastinya mesti booked dari jauh2 hari. 

Misalnya kalo mau booked SQ (Singapore Airlines) kalian harus booked pas lagi pameran. Misal kepergian kalian antara jan-june 2019 then kalian harus beli tix di  SQ travel fair setahun sebelumnya . Between aug-oct 2018 misalnya. SQ travel fair biasa mengadakan pameran 2x dalam setahun. Di maret dan sept biasanya, cm kadang bisa berubah. Kalian bs selalu cek di website, IG official nya atau kalian bs simply tanya dengan travel agent langganan kalian. 

Untuk emirates, biasa harga promo nya ga jauh2 amat dari harga asli, dan gada pameran. Jd mesti rajin cek or tanya cust service travel agent kalian. 

Dan untuk period high seasons, biasanya mereka black out tanggal2 promo tersebut. Jadi kalo kalian insist mau harga promo, kalian bs pilih tanggal yg mendekati high season. Beberapa hari sebelum misalnya. 

Kalo mau harga senilai emirates promo . 17jt/pax let say, maka kalian bs memilih airlines lain dengan kelas business. Misalnya turkish airlines. 

Sekian untuk airlines, dan jangan lupa buat sering2 cek harga promo ya. 
Kalo untuk sq travel fair , harga promo bakal jauhhh lebih murah dr harga normal daaaaan ada cash back juga loh! Cuma mesti ngantri di gandaria city mall dari semalem sebelumnya, buat 350 org pertama. Good luck guys ! 

B. Itinerary 

Oke jadi sebelum booked tiket dsb, kalian pastinya harus bikin itin terlebih dahulu. Yang gampang aja, dan ga ribet. Kalo dulu, ak bikin list negara2 yang mau dikunjungin apa aja. Lalu, baru list in kota2 dalam negara tersebut yang mau dikunjungin apa aja. Baru abis itu tentuin objek wisata yang mau dikunjungin apa aja. Nah ini tergantung dari berapa lama km stay d kota tersebut, semakin singkat semakin dikit objek ug dikunjungin. Jadi pilih prioritas dulu aja. 

Setelah tentuin kota dan objek mana aja yang mau dikunjungin, baru deh coba open map dan google map, buka europe map buat tentuin skala besar negara mana yg mau dikunjungi terlebih dahulu. To country A to B to C dan seterusnya, kalo google map lebih spesifik buat nentuin distance dan berapa lama perjalanan, jd bs tentuin ke kota mana dulu, dsb. 

Setelah itu baru find out mana aja yg butuh domestic flight etc. 

Baru setelah tgl fix, baru book akomodasi, cari tempat makan yang rekomen dan book rental car atau tiket2 objek wisata. 


C. Transportation 
Well, karna europe benua dengan negara2 yang mostly cukup maju, maka untuk transportasi tidak perlu dikhawatirkan. Kalo kalian mau traveling on budger, kalian bs banget naik public transport yang harganya oke, dan super nyaman! :) pilihannya ada bus, subway, tram. Dan peta bisa diambil di airport ato tinggal download aja dr google. Super gampang. Buat antar kota atau negara kalian bs naik kereta, atupun domestic flight. Buat case ak kebetulan karna harus bawa wheel chair jadi pilihannya cuma bs rent car. Dan untuk rent car, kalian wajib membawa 2 sim. Sim inernasional dan sim domestik. Sim internasional bs diperoleh di jakarta. Gampang bikinnya. Ga perlu tes, dan tinggal nunjukkin sim domestik aja. Nah, untuk mobil kalian bs pilih banyak pilihan mobil dan semuanya bagus. Cuma, ada beberapa mobil buatan jerman seperti Audi, BMW, Merci, VW tidak boleh memasuki negara tertentu seperti Poland ataupun Romania. Kalian harus cek ini terlebih dahulu. Dan harga manual jauh lebi murah drpd matic. 

Dan informasi lagi yg sangat penting adalah, cek negara2 mana saja yg butuh sticker. Misalnya swiss atau slovenia. 
Karna ak pny pengalaman ga enak ketika memasuki negara slovenia, biasanya kalo kita memasukki border suatu negara yg membutuhlan sticker kami hanya diberitahu informasi oleh authority bahwa kami harus mempunya sticker untuk memasuki negara tersebut dan mereka menjual sticker kepada kami dengan harga normal untuk ditempel di kaca depan mobil, lalu semua aman. Misal harga sticker switzerland 40€ berlaku untuk setahun. Dan yah ketika masuk slovenia kami dibiarkan masuk oleh pihak border lalu 2 km kemudian kami diberhentikan dan dikenakan tilang seharga 150€ BELUM TERMASUK sticker, jd kita harus membeli sticker lg seharga 15€. Oh jeezzz ini jelas2 trap! Oh well ternyata sticker2 ini bisa dibeli si GAS Station. So beware guys, jangan sampe kena jebak seperti kami. Cukup kami saja yang kena jebak. 

D. Accommodation 
Ada banyak pilihan untuk akomodasi, semua bisa dipilih sesuai budget kalian. Dari fancy 5 stars hotel sampe 3 stars hotel kalian bs booked di agoda atau booking.com. Nah, kalo mau yang on budget bisa coba sewa rumah or apartment di AIRBNB. Harganya variatif tapi cenderung affordable, kalian bs pilih sesuai budget kalian. Bs liat juga fasilitas yg diberikan apa aja (yg sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kalian), lalu testimonial orang2 yang pernah menginap di sana. 

Lalu bagaimana dengan menginap gratis? 
Seperti yang ak selalu review di blog2 sebelumnya, dan di pengalaman2 traveling ak sebelumnya. Kalian sign up dan ada instruksi untuk menjadi member COUCHSURFING , intinya kalian bs menginap dengan gratis di rumah org lokal, kalian bs melihat testimonial org tersebut dsb. Tapi jangan anggap ini sebagai hotel, kalian harus berinteraksi dengan si punya rumah. Ngobrol, cerita, sharing culture etc or masak bareng dan kasih mereka souvenirs misalnya. 


E. Where to eat 
Ada macem2 tipe orang. Ada yang makan dimana aja seketemunya aja, ada yang uda liat2 restoran rekomendasi dari jauh2 hari. Oh well, kalo kalian mau cari makanan lokal or apapun yg on budget ataupun michelin stars, kalian bisa search di trip advisor atau lonely planet, ataupun blog2. :) 

F. Fashion.   
Di europe kalian ga perlu kuatir akan fashion yang berlebihan atau bagaimana. Karena gada restriction di negara2 ini. Just be the way you are. Kalo km suka pake tshirt and jeans then go on, kalo kalian suka pake dress then go on. Kalian bebas mengekspresikan diri kalian di sini. HANYA, kalo kalian pergi ke gereja dsb pakailah baju yang sopan. Baju yg tertutup, tidak ada belahan atas maupun bawa. Rok min di bawah dengkul. Cuma untuk sepatu bawa sepatu yang nyaman dan boleh juga bawa heels kalo kalian mau all out tapi jgn lupa bawa sendal atau sepatu nyaman, jut in case. 

G. Visa
 Untuk visa, kebetulan kami apply visa jerman karna kami in out dr jerman, kebetulan pny keluarga di sana dan kami paling lama di jerman. Tapi jujur jerman itu sangat strict, jadi make sure kalian apply form visa yang benar. Apakah tourist visit, atau family reunion atau apa. Tapi jgn terkecoh karna kebetulan km submit fam reunion ternyata masuknya bukan ke visa turis, melainkan ke visa resident, akhirnya kami harus cancel appointment kami. (Padahal udah susah2 bikin appointment walo waktu km book tanggal pertama kali masi ada bbrp tgl pilihan lain di bulan itu) eh taunya ketika kami cancel, dan kami mau rebook appointment ternyata tglnya uda full semua di bulan itu. Padahal awal bln depan uda jalan, jadi panik mode on. Satu2nya cara pake agent yg bs dapetin appointment dengan harga cukup mahal, atau kita coba cek web terus setiap 15 mins sekali, siapa tau ada yg cancel. Dan finally, di hari esoknya (tgl merah yg kita pikir embassy bakal tutup) jam 7 pagi slot tiba2 terbuka dan yesss kita akhirnya bs dapetin appointment. Dan karna ini last chance kita, jadi kita bener2 make sure ga salah kali ini. Tapi jadinya super cepet. Kita apply jumat siang. Senin siang uda jadi. Pdhl weekend ga dihitung. Jd kesimpulannya jerman cepet tapi ribet, jd kalo ada pilihan di embassy lain yg lebih gampang kaya italy or france mening itu aja. Kalian bs cek harga dan syarat dan form di webnya. Cek di google jg ada :) 

H. What to bring 
Pertama2 hal penting dulu kaya passpor pastinya, terus dokumen penting kalo ada (kaya kita kan dapet invitation dari sodara di Jerman, jadi itu kita mesti bawa just in case kalo ditanya kita bisa tunjukkin aslinya. Tapi tetep bawa copy nya jg ya guys! Lalu, bawa international converter. Negara2 d europe mostly colokannya kaya di Indo sih 2 bulet, tapi ya jaga2 aja, dan jgn lupa bawa colokan cabang 3 atau 4 atau 5 tergantung banyaknya gadget yang dicas. Setelah itu, untuk cd (celana dalem) kalo gamau rempong, bole juga beli cd kertas. Enak, ringan dan habis pakai bisa langsung dibuang. Ga ribet cuci or bau or makan tempat pas pulang. Care free! Cuma emang awal2 karna ga kebiasa, jadi berasa agak gatel sih. 😂😂 lalu, boleh bawa sambel sama abon sama indomie kalo takut ga cocok sm makanannya. Walo in my case sih, ak cocok2 aja sama semua makanan dsana , kecuali di Romania polentanya aneh. Dan kamera, battery jangan lupa dimakesure uda dibawa, casan kamera, memory card. Hal2 kecil yang kalo sampe kelupaan, bikin nyesek. Charger hp jg pastinya, tissue, wet tissue, tas pinggang super tipis yang dipake di DALEM baju, bukan di luar. (For more infomation, read in I. safety), lalu pakaian. Tergantung season apa bawa bajunya. Kalo summer lebi gampang karna bajunya tipis2, bisa bawa sun glasses, topi, head accessories,  sendal jepit, kalo sepatu kets bisa dipake ya guys, bawa heels jg bole buat ootd (buat yg naik mobil, karna kalo naik public trans bakal ngerepotin bgt), tas mening bawa yg std aja ya siapa tau kalian mau beli tas branded. Jd itu tas bisa dipake pas pulang dan kardus ditaro di koper terpisah, diisi baju kotor or apa kek. Jangan taro tas di dalem dus. Kalo spring mgkn bs bawa jaket or sweater, autumn bisa pake wind breaker, topi tajut, boots, scarf karna pas autumn super windy jadi lebi gampang masuk angin dan anginnya super kenceng, laundry bag, pas winter bisa bawa beberapa coat, longjohn, sweater, ear muff, masker bulu yang anget (cocok banget buat ak yg ga tahan dingin di area hidung dan muka), scarf rajut (yg wool), socks wool, boots yg water proof biar pas main skii or snowing ga masuk air bootsnya, topi rajut dan lip balm supaya bibir ga jontor (ini uda kejadian di aku ya guys!) dan jangan lupa bawa meds. Panadol, tolak angin, diapet, bodrex, obat batuk pilek, strepsil, etc yang penting2. 

I. Safety

Untuk tas pinggang, Jadi sebagian cash dan CC taro dsitu. Karna di beberapa negara europe banyak pick pocket alias copet, dan ini banyak kejadian so dont underestimate. Kecepatan tangan mereka tinggi loh. Uda banyak orang yg kehilangan dompet, hp, passpor tanpa mereka sadari. Jadi bukan copet abal abal ya guys. Tampang yang nyopet, juga bukan kaya pencopet. Terutama di Italy dan Paris, juga negara yang lebih miskin kaya Romania Bulgaria misalnya. Beware! Selebihnya aman sih. :) 
Happy traveling ! 

No comments:

Post a Comment