Tuesday, October 2, 2018

GERMANY

EUROPE JOURNEY 42 Days

A. Germany
Well, jadi kenapa kita beli tiket PP ke Jerman, karna kebetulan ada tantenya suami yang tinggal di Jerman. Ia kuliah di Jerman dan menemukan soul mate nya orang Jerman jadi menikah dan menetap di sini. Mereka tinggal di Essen, kota suburb dekat Dusseldorf. Kota yang tenang dan cantik! Well, kalo ditanya barang Jerman mahal2, ngga juga loh. Banyak makanan dan barang yang dijual murah di sini. Contoh supermarket murah ada Aldy, Lidl. Lalu ada tempat es krim murah dan porsinya jumbo namanya “Claudio”, juga ada yang jual pork burger murah harganya cuma 1 €an. 

Di Essen, kita berkunjung ke taman bunga ( GRUGAPARK ESSEN) 
Opening Hours: 9AM to 10PM Mon- Sun

 yang kalo di bawah jam 9 pagi gratis. Hahahaha. Padahal jam 9 baru dibuka tapi kenyataan kita masih bisa masuk di bawah jam segitu, info dari orang lokal. Kalo di atas itu bayar 4€/pax. Banyak roses dan jenis bunga lainnya yang cantik2. Selain Essen, di Jerman kita juga mengunjungi Cologne. Di situ ada gereja katedral terkenal yang cantik, di deket gereja juga banyak cafe dan butik2 fashion, tapi sayang kalo weekend mereka buka lebi siang dan tutup lebih pagi. Kita ga ke Berlin kebetulan karna hubby dan keluarga sudah pernah pergi kesana dan dia bilang cuma liat tembok dicoret doang. Haish! 

Kita juga pergi ke Neuschwanstein Castle di Fussen pada hari ke 25. Jadi kita dari Jerman 3 hari lanjut ke West Europe, balik lagi ke Essen, Jerman selama seminggu terus baru lanjut East Europe dan dimulai dengan Fussen. Kebetulan kita ke sini naik mobil, kita sewa mobil di Hertz. Opel. Matic , di Dusseldorf Airport, dan mereka minta SIM lokal dan internasional. (Cm buat ditunjukkin aja) . 

Opening Hours: 8AM to 5 PM 
Entrance Fee: 13€/pax dan 1,80€ for book in advance. 


Jadi kalo kesini, masuk castle ada jam2nya. Pas nyampe, kita mesti jalan agak menanjak dulu buat beli tiketnya dan jam masuk castlenya. Kebetulan kita dapet yg jam 4 sore, saat itu uda jam 2 jadi kita buru2 ke halte bus buat naik bus sampe kastil. Jalan ke halte lumayan dan menanjak, sampe situ ga lupa beli tiket bus sampe kastil dan ngantri. Biasa buat disabled (pake wheel chair) dikasi prioritas masuk duluan, perjalanan ke kastil 

Perjalanan yang agak panjang. Letaknya deket Munich tapi bukan d Munich, dan walo sama2 di Jerman, tapi jarak Essen ke Fussen cukup jauh. Kalian bisa cek google map dan bikin rute dari situ. 

Sampe di halte bus menuju kastil, kita mesti jalan lagi naik turun menuju kastil. Cukup lelah iya. Apalagi buat yang dorong kursi roda. Karna jalannya super nanjak. Tapi pemandangan sih super bagus banget! 

Dan sampe sana (FINALLY!), kita nunggu jm 4 baru masuk. Dan ternyata oh ternyata, walo harga disabled emang jauh lebi murah drpd harga nomal tapi ga bs masuk ke kastil karna kastilnya sempit banyak lorong dan tangga, dan ga ada jalur buat wheel chair, jd wheel chair harus dititip di tempat yang disediakan. Kebetulan, my in law masih bisa jalan. Kakinya sakit jadi ga boleh jalan terlalu lama, tapi masih bs jalan. Jadilah akhirnya kita masuk tanpa si kursi roda. 

Ternyata, di dalem situ ga boleh foto2 . Sedih cyin padahal bagusss! Cm ya sudahlah. Masing2 orang dikasih recording tape buat kita dengerin penjelasan history dari castle dan masing2 ruangan di dalamnya. Ada english, mandarin, french etc. you choose! 

Well, anehnya dari segitu besar kastil ga begitu banyak ruangan yg dikasi lihat. Dan banyak banget tangganya, cape sih. 
Setelah selesai, ada souvenir shop tempat kalian bs beli tempelan kulkas, key chain etc. dan harganya lebih murah daripada yg dijual di luar kastil. 

Overall its a pleasant trip! Cuma cape. Hahahahha. 
Salah satu trip yg plg melelahkan selama ke Europe. Dan ya, ga lupa kita ambil lagi wheel chairnya dan nanjak lagi menuju halte bus 😂😂
Dan buat foto, kayanya pake drone lebi bagus deh buat foto castle dr atas. Sayang kita ga bawa drone kala itu . Anw kalo bisa pilih season buat capturing bagusnya itu kastil, ak recommend di autumn sm winter. :)) 
Ak pegi summer, jd cm ijo2 aja. Cm mgkn akan better pas autumn, karna winter takut slippery karna salju etc. 






1 comment:

  1. just share info aja, RATU MEDIKA adalah toko online yang menjual kursi roda traveling untuk jalan-jalan. Kursi roda liburan (kursi roda bepergian) ukuran kecil dan ringan. Kursi roda haji yang biasa digunakan saat naik haji dan naik pesawat. Kursi roda lipat ukuran mini yang ringan dan praktis masuk bagasi pesawat, untuk lebih jelasnya dapat membuka link ini: RatuMedika.com

    ReplyDelete